Senin, 07 Desember 2009

berlebihan itu tidak baik

plisss deh jangan lebay...bla bla bla
makin didengar lagu dari T2 itu makin membuatku berfikir, yaa kita memang harus pintar mengambil hikmah dari segala sesuatu bahkan dari hal yang kita sendiri jijik untuk melihat, mendengar dan memikirkannya.

berlebihan memang sangat tidak baik,meskipun ada pepatah yang bilang "big is beautiful" bukan berarti kita jadi seenaknya saja makan dan makan karena tidak pernah peduli dengan berat badan. big is beautiful memang benar karena kecantikan bukan dilihat dari bentuk fisik namun dari hati.

berlebihan dalam hal apapun sangatlah tidak enak, cukup dan sederhana akan lebih indah. dalam hal makanan, kehidupan, hobby, cinta dan semuanya. memang sebagai manusia, kita tidak pernah cukup dengan satu, setelah dapat satu ingin kedua, setelah kedua ingin ketiga dan seterusnya. namun tahukah anda, semakin anda mempunyai sesuatu berlebihan, maka nilai manfaat dan nilai kesukaan terhadapnya akan semakin kecil. bahkan lama kelamaan anda akan muak, bosan dan jadi berbalik membencinya.

ada hadits yang menyebutkan "kasihilah kekasihmu biasa saja, siapa tahu di masa mendatang akan memusuhinya, dan musuhilah musuhmu biasa saja, siapa tahu di masa mendatang akan mengasihinya". Hadis ini mengingatkan bahwa kalau kita mencintai seseorang jangan berlebihan, demikian sebaliknya, kalau kita membenci seseorang jangan berlebihan juga.

ada pepatah yang mengatakan bahwa cinta dan sayang itu seperti menggenggam pasir, jika kau menggenggamnya dengan erat dan semakin kuat, maka pasir itu akan lepas dari genggamanmu. dan jika kau menggenggamnya biasa saja, maka pasir itu akan tetap dalam genggamanmu. anda mungkin mengerti akan perumpamaan yang sudah umum didengarkan. namun termasuk ke dalam yang manakah anda?

sederhana adalah hidup yang paling indah, tanpa kekurangan dan tidak pernah berlebihan. dengan hidup sederhana, kita akan selalu bersabar dan menikmati segala masalah dan kesusahan. dengan hidup sederhana, kita akan selalu bersyukur dan menikmati segala nikmat yang ada.

jadi teringat lagu T2 tadi plissssss deh jangan lebay

lakukan segala sesuatunya dengan kadar yang cukup, tidak kekurangan dan jangan pernah berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar